The Balinese Wedding of John + Ewik

Pernikahan adat Bali yang biasa di sebut Pawiwahan ini berlangsung di kediaman mempelai lelaki yaitu di rumah John di Sesetan, Denpasar. Acara yang berlangsung selama dua hari ini di awali upacara Mekekeb, adalah rangkaian upacara pertama dari Mesangging atau Potong Gigi yang dilakukan oleh adik mempelai lelaki bernama Ocha. Mekekeb adalah upacara pemingitan (di asingkan) di dalam rumah sebelum upacara potong gigi yang akan dilakukan besok paginya dan biasanya dilakukan pada sore hari.Dan barulah besok paginya upacara potong gigi dan rangkaian upacara pernikahan dilangsungkan secara berbarengan di puput oleh seorang Pandita bisa dari kalangan Empu atau Peranda.
Hari itu Putu John Ambara (John) dan Ni Ketut Widyantari (Ewik) resmi menjadi sepasang suami istri, sebuah upacara pawiwahan yang sangat sakral. Suara genta sang Empu yang memuput upacara bertalu dengan suara Gender yang mengiringi upacara pawiwahan, sungguh memberikan kesan yang sangat indah.
Sudah lama saya tidak melakukan peliputan wedding adat Bali seperti ini, ada perasaan berbeda setiap meliput upacara wedding Bali, tidak akan pernah sama. Berikut beberapa moments candid dalam dua hari upacara Potong Gigi dan Pawiwahan mereka, enjoy.